Pengertian, Teknik Dasar, Langkah-Langkah Lari Jarak Pendek | Macam-Macam Start Lari Jarak Pendek (Start Lari Jarak Pendek, Sikap Tubuh, Peralatan Lari Jarak Pendek)

Lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara 50 m sampai dengan jarak 400 m. Oleh karena itu, faktor utama yang menentukan lari jarak pendek adalah kecepatan. Kecepatan dalam lari jarak pendek adalah hasil kontraksi yang kuat dan cepat dari otot­otot yang diubah menjadi gerakan yang sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi. Nomor­-nomor lari jarak pendek yang dilombakan meliputi 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Lari jarak pendek biasanya disebut lari sprint. Pelari jarak pendek dikenal dengan sebutan sprinter.
 
1. Teknik Dasar Lari Jarak Pendek
    Agar dapat mencatat waktu yang sekecil­-kecilnya maka pelari cepat atau bagi pelari jarak pendek harus menguasai teknik dasar lari jarak pendek. Adapun teknik dasar lari jarak pendek sebagai berikut.
a. Langkahkan kaki yang lebar dengan tolakan menggunakan ujung kaki.
b. Posisi tubuh condong ke depan dengan lengan tangan kanan ke arah dagu dan siku tangan ditekuk.

2. Teknik Melakukan Lari Jarak Pendek
    Pelaksanaan teknik lari jarak pendek yang benar adalah sebagai berikut.
  1. Gerakan awal, posisi tubuh berdiri di belakang garis start. Kemudian, lakukan sikap start jongkok.
  2. Selepas melakukan start jongkok, larilah dengan langkah lebar dan cepat. Pendaratan pada ujung telapak kaki dengan lutut dibengkokkan, tangan diayun ke depan terarah dagu dan badan condong ke depan.
  3. Setelah berlari kurang lebih berjarak 20 meter, langkah lari diperlebar dan kecepatan ditingkatkan sehingga memasuki garis fnish.

2. Langkah-Langkah Lari Jarak Pendek
    Langkah-­langkah lari jarak pendek adalah sebagai berikut.
a. Gerakan Start
    Macam­-macam start lari jarak pendek adalah sebagai berikut.
1) Start Pendek (Bunch Start)
    Kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan diletakkan di sebelah kaki kiri sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari­jari rapat dan ibu jari terpisah.
Start pendek - Macam-Macam Start Lari Jarak Pendek - Pengertian, Teknik Dasar, Langkah-Langkah Lari Jarak Pendek
2) Start Menengah (Medium Start)
    Kaki kiri di depan, lutut kaki kanan diletakkan di sebelah kanan tumit kaki kiri jaraknya sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan diletakkan di belakang garis start dengan empat jari­-jari rapat. Ibu jari terpisah.
Start Menengah - Macam-Macam Start Lari Jarak Pendek - Pengertian, Teknik Dasar, Langkah-Langkah Lari Jarak Pendek
3) Start Panjang (Long Start)
    Kaki kiri diletakkan di depan lutut kaki kanan di belakang kaki kiri, jaraknya sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-­jari rapat dan ibu jari terpisah.
Start Panjang (Long Start) - Macam-Macam Start Lari Jarak Pendek - Pengertian, Teknik Dasar, Langkah-Langkah Lari Jarak Pendek
b. Sikap Tubuh Saat Berlari
Sikap Tubuh Saat Berlari - Langkah-Langkah Lari Jarak Pendek
Sikap tubuh saat berlari adalah sebagai berikut.
  1. Sikap tubuh condong ke depan dengan tolakan kaki yang sekuat tenaga.
  2. Langkah kaki yang lebar dengan lenggang tangan ke arah dagu.
  3. Tubuh dalam keadaan rileks, pandangan mata ke depan.
  4. Gerakan kaki dengan secepat­cepatnya.
c. Sarana dan Peralatan dalam Lari Jarak Pendek
1) Lintasan Lari Jarak Pendek
    Perlombaan lari jarak pendek dilakukan di lapangan yang dibuat lintasan atau ban. Lintasan atau ban perlombaan jumlahnya ada 8 buah. Lebar setiap lintasan berukuran 1,22 meter.
2) Peralatan
    Alat yang digunakan dalam perlombaan lari jarak pendek, misalnya sepatu spikes, start block, tiang fnish, stopwatch, dan bendera start atau pistol. (Sumber ref: Buku Penjas)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Teknik Dasar, Langkah-Langkah Lari Jarak Pendek | Macam-Macam Start Lari Jarak Pendek (Start Lari Jarak Pendek, Sikap Tubuh, Peralatan Lari Jarak Pendek)"

Posting Komentar