Nomor-Nomor Lari, Lompat, dan Lempar dalam Cabang Atletik (Lari Jarak, Lompat Jauh Tinggi Galah Jangkit, Lempar Lembing Cakram Peluru Martil))

Atletik berasal dari bahasa Yunani “athlon” yang berarti “kontes”. Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga. Secara garis besar jenis olahraga dalam atletik dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Organisasi atletik internasional adalah IAAF. IAAF dibentuk tahun 1912. IAAF menyeleng garakan beberapa kejuaraan dunia outdoor di tahun 1983. Ada beberapa pertandingan re gional seperti kejuaraan Eropa, Pan-American Games dan Commonwealth Games.

Berikut adalah nomor-nomr yang dilombakan dalam atletik:
1. Nomor-Nomor Lari
    Lari didefnisikan sebagai cara tercepat bagi makhluk hidup (hewan dan manusia) untuk bergerak dengan kaki. Dalam istilah olahraga, lari diartikan sebagai gerakan tubuh, di mana pada suatu saat semua kaki tidak menginjak tanah.
Nomor-Nomor atletik Lari -Nomor-Nomor Lari, Lompat, dan Lempar dalam Cabang Atletik
Macam­-macam nomor lari dalam atletik adalah sebagai berikut.
1. Lari jarak pendek (sprint) : 100 m, 200 m, 400 m, 100 m gawang, 200 m gawang, 400 m gawang, 4 × 100 m estafet, dan 4 × 400 m estafet.
2. Lari jarak menengah (middle distance run) : 800 m, 1.500 m, dan 3.000 m.
3. Lari jarak jauh (long distance run) : 5.000 m dan 10.000 m.
4. Lari maraton : 42.195 km.
5. Jalan cepat 3 km, 5 km, 10 km, dan 20km.

Baca juga: Pengertian, Teknik Dasar, Langkah-Langkah Lari Jarak Pendek
2. Nomor-Nomor Lompat
    Lompat adalah gerakan mengangkat kaki ke depan dan dengan cepat menurunkannya. Lompat dalam atletik, nomor-nomor lompat dalam atletik meliputi:
1. Lompat jauh
    Lompat jauh dapat diartikan suatu akivitas atau kombinasi gerakan yang dilakukan oleh seorang pelompat di mana di dalam lompatan tersebut dapat mencapai lompatan yang sejauh-sejauhnya.
Lompat Jauh - Nomor-Nomor Lompat
2. Lompat tinggi
    Lompat tinggi adalah salah satu cabang olahraga atletik yang memerlukan skill tertentu untuk melewati sebuah mistar yang menggantung di antara kedua tiang. Kemampuan atau skill dan karakter masing-masing atlet akan menentukan ketinggian lompatan yang dapat dicapai oleh seorang pelompat.
Lompat Jauh - Nomor-Nomor Lompat
3. Lompat galah
    Lompat galah adalah lompatan yang dilakukan dengan bantuan galah untuk mencapai tujuan lompatan yang setinggi-tingginya dan dapat melewati mistar yang ketinggiannya telah ditentukan.
Lompat Galah - Nomor-Nomor Lompat
4. Lompat jangkit
    Lompat jangkit terkadang juga disebut sebagai “hop, langkah dan melompat” atau “melompat, lompat dan melompat” adalah salah satu cabang olahraga atletik, yang sebenarnya mirip dengan lompat jauh, tetapi dalam lompat jangkit ada yang namanya “hop, langkah dan melompat”.
3. Nomor-Nomor Lempar/Tolak/Lontar
    Gerakan melempar atau menolak tidak berbeda dengan gerakan melompat pada atletik. Contoh nomor-nomor lempar/tolak dalam atletik adalah: 
1. Lempar lembing
   Olahraga lempar lembing ini adalah olahraga atletik yang menggunakan lintasan dan lapangan. Pada olah raga lempar lembing ini, atlet lempar lembing untuk mengambil ancang-ancang harus berlari terlebih dahulu pada lintasan. Kemudian, atlet mulai melemparkan lembing pada area atau lapangan yang panjang lebarnya sudah ditentukan.
Lempar Lembing - Nomor-Nomor Lempar-Tolak-Lontar
2. Lempar cakram
    Lempar cakram dipertandingkan mulai dari Olimpiade pertama pada tahun 1896 di Athena, ibu kota Negara Yunani. Cakram yang digunakan memiliki ukuran diameter sebesar 220 mm serta memiliki berat sebesar 2 kg untuk lempar cakram pria dan 1 kg untuk wanita.
Lempar Cakram - Nomor-Nomor Lempar-Tolak-Lontar
3. Tolak peluru
    Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik. Tujuan tolak peluru adalah untuk mencapai jarak tolakan yang sejauh-jauhnya. Sesuai dengan namanya peluru bukan dilempar , tetapi ditolak atau didorong dengan satu tangan yang bermula dari pangkal bahu.
Tolak Peluru - Nomor-Nomor Lempar-Tolak-Lontar
4. Lontar martil
    Lontar Martil merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang sering diperlombakan pada even-even olahraga seperti olimpiade.
Lontar Martil - Nomor-Nomor Lempar-Tolak-Lontar

Atlet Indonesia yang Berjaya di Bidang Atletik - Gurnam Singh
    Gurnam Singh adalah mantan pelari Indonesia. Ia pernah meraih tiga medali emas pada cabang lari di ASIAN GAMES di Jakarta tahun 1962. Keberhasilan yang ia dapat tidak selamanya kekal. Lambat laun kehidupannya mulai tidak menentu. Bahkan, pada tahun 1972, rumahnya digusur oleh pemerintah daerah karena tidak memiliki IMB. Sejak saat itu ia hidup berpindah­pindah. Pada tahun 2003 ia tinggal di sekolah khusus keturunan India di Medan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nomor-Nomor Lari, Lompat, dan Lempar dalam Cabang Atletik (Lari Jarak, Lompat Jauh Tinggi Galah Jangkit, Lempar Lembing Cakram Peluru Martil))"

Posting Komentar