Taktik Penyerangan dan Pertahanan Softball

Sebelum pertandingan softball dimulai setiap tim/regu merencanakan taktik terlebih dahulu supaya dapat memenangkan pertandingan. Dalam permainan softball dikenal dua taktik, yaitu taktik penyerangan dan pertahanan.
Taktik Penyerangan dan Pertahanan Softball
1. Taktik Penyerangan (Offensive Strategy) Softball
    Taktik penyerangan adalah suatu siasat yang digunakan oleh suatu regu untuk menyerang pihak lawan dan memperoleh nilai sehingga dapat memenangkan pertandingan.
Taktik penyerangan yang sering digunakan dalam permainan softball di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Pukulan Tanpa Ayunan
    Pada taktik ini batter berusaha melakukan pukulan ke arah base 1, pitcher atau base 3 dengan tujuan membantu pelari menuju base di depannya. Jika ada pelari di base 1 dan base 2 maka pukulan diarahkan ke base 3 sehingga third baseman terpaksa harus memunggut bola. Dengan begitu tidak terjadi force play atau double play. Pelari di base 1 dan base 2 pun dapat berlari ke base berikutnya dengan selamat.
b. Pukul dan Lari (Hit and Run)
    Taktik ini dilakukan oleh batter dengan tujuan membantu base runner agar dapat berlari ke base berikutnya dengan selamat. Keuntungan dari taktik ini adalah kemungkinan kecil untuk terjadinya out pada saat pelari berlari di base berikutnya. Sebaiknya pemain yang melakukan taktik hit dan run adalah seorang pemain yang dapat mengontrol pukulannya sehingga pukulan yang dilakukan dapat menerobos celah di antara pemain yang berjaya.
c. Mencuri Base (The Steal)
    Taktik ini dilakukan oleh pelari di base. Keberhasilan dari taktik the steal tergantung dari kecepatan dan kejelian pelari dalam melihat pelepasan bola dari pitcher. The steal bisa dilakukan oleh satu orang atau lebih. Jika hanya satu orang yang melakukan stealing maka disebut single steal. Jika ada dua pelari pada dua base yang melakukan stealing maka disebut double steal.

2. Taktik Pertahanan Softball
    Taktik pertahanan adalah suatu taktik dari regu penjaga lapangan untuk mempertahankan atau menangkis serangan lawan dengan cara mematikan batter atau pelari yang berlari menuju base berikutnya sehingga tidak mendapat nilai.

Baca juga: Latihan Bermain Softball dan Bermain Softball dengan Peraturan yang Dimodifikasi😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taktik Penyerangan dan Pertahanan Softball"

Posting Komentar