Contoh, Huruf, dan Cara Membaca Alif Lam Qomariyah dan Alif Lam Syamsiyah (Contoh Perhuruf, Tajwid Idhar Qomariyah, Idghom Syamsiyah, dan Tabel Perbedaannya)

Setelah  belajar tajwid kali ini, kita diharapkan dapat mendefinisikan mengenai hukum bacaan alif lam qamariyah dan Syamsiyah, membedakan hukum bacaan alif lam qamariyah dan syamsiyah, serta menunjukkan  contoh-contoh  bacaan alif lam qamariyah dan syamsiyah dengan baik, agar supaya bacaan al-Quran kita semakin baik. Alif lam selalu dihubungkan dengan nama benda atau perkataan-perkataan  dalam bahasa Arab yang disebut alif lam ta’rif. Apabila alif lam ta’rif bertemu  dengan huruf hijaiyah yang 29, hukum bacaannya terbagi dua bagian, yaitu  alif lam qamariyah dan alif lam syamsiyah.
Contoh, Huruf, dan Cara Membaca Alif Lam Qomariyah dan Alif Lam Syamsiyah

1.  Contoh, Huruf dan Cara Membaca Alif Lam Qamariyah
    Alif lam qamariyah adalah alif lam sukun yang bertemu dengan salah satu  huruf qamariyah  dan dibacanya jelas/idhar.  Jumlah huruf qamariyah ada 14. Keempat belas huruf qamariyah tersebut,  yaitu:
Huruf-Huruf Alif Lam Qamariyah-Idhar Qomariyah -  14 Huruf Alif Lam Qamariyah
Keempat huruf qamariyah ini dapat dikumpulkan dalam kalimat berikut ini agar mudah dalam mengingat huruf-huruf alif lam qomariyah:
Cara menghafalkan huruf-huruf alif lam qomariyah
Membaca alif lam qamariyah harus jelas/idhar. Artinya, apabila alif lam bertemu dengan salah satu huruf qamariyah, suara lam dibacanya jelas atau diucapkan (tidak  hilang) saat membacanya. Cara  membaca seperti ini dinamakan idhar qamariyah.  Perhatikan cara membaca alif lam qamariyah pada tabel berikut ini!
Tabel Cara Membaca Huruf Alif Lam Qamariyah
Tabel Cara Membaca Huruf Alif Lam Qamariyah

2.  Contoh, Huruf dan Cara Membaca Alif Lam Syamsiyah
    Alif lam syamsiyah adalah alif lam sukun yang bertemu dengan salah satu  huruf syamsiyah dan dibacanya lebur/idgam. Jumlah huruf syamsiyah ada 14. Keempat belas huruf syamsiyah tersebut, yaitu:
Huruf-Huruf Alif Lam Syamsiyah-Idghom Syamsiyah - 14 Huruf Alif Lam Syamsiyah
Agar mudah diingat, kita bisa lagukan dalam bentuk syair:
Cara menghafalkan huruf-huruf alif lam syamsiyah - idghom syamsiyah
Alif  lam syamsiyah dibacanya lebur/idgam. Artinya, ketika alif lam bertemu dengan salah satu huruf syamsiyah, suara alif lam dibacanya lebur. Hal ini biasanya diperjelas dengan mencantumkan harakat  syiddah. Cara membaca seperti ini disebut idgam syamsiyah. Perhatikan cara membaca alif lam syamsiyah pada tabel berikut ini!
Tabel Cara Membaca Huruf Alif Lam Syamsiyah
Tabel Cara Membaca Semua Huruf Alif Lam Syamsiyah

Perbedaan Cara Membaca Alif Lam Qomariyah dan Alif Lam Syamsiyah
   Ada  beberapa  perbedaan  membaca  alif  lam  qamariyah  dan  alif  lam  syamsiyah. Berikut adalah Tabel Perbedaan Membaca Alif Lam Qamariyah dan Alif Lam Syamsiyah
Perbedaan Cara Membaca Alif Lam Qomariyah dan Alif Lam Syamsiyah

Tidak ada komentar untuk "Contoh, Huruf, dan Cara Membaca Alif Lam Qomariyah dan Alif Lam Syamsiyah (Contoh Perhuruf, Tajwid Idhar Qomariyah, Idghom Syamsiyah, dan Tabel Perbedaannya)"