Ukuran Lapangan Bola Voli, Net, dan Berat Bola Voli Lengkap

Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Sementara, permainan bola voli pantai, masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.

Lapangan Bola Voli
    Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang. Standar ukuran lapangan bola voli adalah,
  • Panjang lapangan : 18 m
  • Lebar lapangan : 9 m
  • Lebar daerah bebas di sekeliling lapangan : 3 m
  • Tinggi penghalang dan permukaan lapangan permainan : 7 m
Perhatikan gambar lapangan bola voli berikut:
Ukuran Lapangan Bola Voli

a. Garis 3 m
    Garis yang berjarak 3 m dari net berfungsi sebagai batas wilayah penyerangan (attack line). Garis 3 m membagi lapangan menjadi dua bagian, yaitu barisan belakang (back row) dan barisan depan (front row). Pada masing-masing bagian tersebut ditempati 6 orang pemain yang membentuk pola seperti gambar dibawah pada saat melakukan servis. Servis dimulai oleh pemain 1. Pergantian pemain yang melakukan servis dilakukan secara bergantian searah jarum jam (dari pemain 1 ke pemain 2 dan seterusnya).
garis zona bebas dan perputaran pemain lapangan bola voli
b. Zona bebas (free zone)
    Zona bebas adalah zona yang mengelilingi area tim. Pada zona bebas ini pemain dapat dengan bebas memasuki zona yang mempunyai lebar 3 m setelah salah seorang melakukan servis. Zona yang digunakan untuk menyerang adalah zona ini. Garis-garis yang membatasi area tim menentukan posisi masuk atau keluarnya bola. Bila bola jatuh menyentuh garis area tim maka bola dinyatakan masuk dan tim lawan mendapat nilai. Sebaliknya, bila bola jatuh di luar area tim dan tanpa menyentuh garis-garis area tim maka bola dinyatakan keluar.

Ukuran Berat dan Tekanan Bola Voli
    Bola standar yang digunakan dalam permainan bola voli terbuat dari kulit, baik kulit asli maupun kulit sintetis. Menurut organisasi internasional yang menaungi olahraga bola voli yaitu FIVB (Federation Internationale de Volleyball), standar baku ukuran bola voli adalah:
  • berat bola : 200 – 280 gram,
  • keliling lingkaran bola : 65–67 cm
  • tekanan bola : 0,30 – 0,325 kg/cm2 (4,26 – 4,61 psi, 294,3 – 318,82 mbar atau hPa).
  • Bahan bola : kulit lunak, lentur, dan sintetis
  • Warna bola : seragam dan terang

Ukuran Net Voli 
  1. Lebar net 1 m dan panjang net 9,50 m.
  2. Mata jala dari net berukuran 10 cm2 dan berwarna hitam.
  3. Pita horizontal di tepian atas net selebar 5 cm. Pita terbuat dari kanvas putih yang dilipat dua dan dijahit sepanjang tepian atas net.
  • Tinggi net putra adalah 2,43 m; tinggi net putri adalah 2,24 m.
  • Tiang net memiliki ketinggian 2,55 m.
    Net yang digunakan dalam permainan bola voli memiliki lebar 1 m dan panjang 9,50 m dan dipasang di tengah lapangan. Tinggi net untuk putra 2,43 m dan untuk putri 2,24 m. Mata jala net berukuran 10 cm2 dan berwarna hitam. Net kemudian diikatkan dengan tali baja yang kuat ke tiang. Pada net terdapat antenna. Antenna adalah tongkat lentur berukuran panjang 1,8 m dan berdiameter 10 mm. Antenna terbuat dari fiber glass. Antenna merupakan bagian dari net dan batas samping lintasan bola. Tinggi setiap antenna di atas net adalah 80 cm.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ukuran Lapangan Bola Voli, Net, dan Berat Bola Voli Lengkap"

Posting Komentar