6 Tanda Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra | 12 Nama Lain Hari Kiamat dan Ayat-Ayatnya

Tanda-Tanda Kiamat - Meskipun Allah swt telah menjelaskan bahwa tidak ada satupun manusia yang tahu kapan kiamat akan terjadi, namun Allah Swt masih berkenan menunjukkan tanda-tanda akan datangnya Hari Akhir tersebut, agar manusia betul-betul percaya dan tidak ragu akan datangnya hari kiamat dan akan hadirnya kehidupan akhirat, sehingga manusia akan benar-benar mempersiapkan dirinya untuk menghadapi kehidupan di akhirat dengan memperbanyak amal kebaikan.

6 Tanda Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra
Artinya: Dari Anas ra berkata. Aku mendengar Rasulullah saw bersabda. Sebagian tanda-tanda akan terjadinya kiamat adalah hilangnya ilmu dan maraknya kebodohan, dan maraknya perzinaan, dan maraknya minuman keras (HR. Bukhari Muslim)

Dalam hadis Nabi di atas dijelaskan tentang sebagian tanda-tanda kiamat, yaitu hilangnya ilmu berarti dengan banyaknya para ahli ilmu agama khususnya telah wafat, bertambahnya kebodohan terutama tentang Islam, serta perzinaan dan minuman memabukkan dianggap hal yang wajar dan berada di sekitar manusia.

Tanda-tanda tersebut saat ini mudah kita jumpai dan kita dengar, baik melalui media maupun yang terjadi di sekitar kita. Berpijak pada hadis tersebut, sepertinya memang kiamat atau Hari Akhir telah di depan mata kita, meskipun kita tidak pernah tahu kapan waktunya akan datang. Maka wajiblah kita sebagai manusia selalu ingat dan mendekatkan diri pada Allah swt, tidak ada jalan lain kecuali pertaubatan dan usaha kita memperbaiki diri di dunia sebagai bekal hidup setelah kematian.

Dari penjelasan Nabi Muhammad saw dalam hadis tersebut serta pendapat berbagai ulama yang ada, maka bisa dikatakan bahwa tanda-tanda kiamat terbagi menjadi dua. Yaitu tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar. Tanda kecil bersifat dekadensi moral (rendahnya moralitas manusia) sedang tanda besar mengarah kepada semakin dekatnya kerusakan jagat raya atau semakin tidak teraturnya sistem tata surya.

a. 6 Tanda-tanda kiamat sugra

Tanda-tanda kecil atau sugra yang dimaksud pada bab ini merupakan tanda akan hadirnya hari yang dijanjikan oleh Allah swt, secara umum bahwa tanda-tanda tersebut menuju ke arah perubahan moral atau penurunan moralitas manusia meskipun terlihat bahwa manusia semakin pandai dan mengalami kemajuan pada sisi keilmuan dan kecanggihan teknologi.

Adapun tanda-tanda kecil hadirnya hari kiamat adalah:
  1. Manusia bermegah-megahan dan melupakan Allah swt.
  2. Sikap durhaka seorang anak terhadap orang tuanya dalam berbagai bentuk seperti, menghardik, melawan dan tidak mematuhi perintah orang tua.
  3. Zina mulai merajalela dan dilegalkan (dihalalkan)
  4. Ilmu agama tidak dianggap penting lagi
  5. Manusia kembali menyembah selain Allah swt, sehingga benar-benar melupakan-Nya.
  6. Banyak ahli al-Qur’an tetapi kelakuannya fasiq, yaitu hanya buat bacaan tanpa dipahami dan diamalkan oleh pembacanya.

b. 6 Tanda-tanda kiamat kubra


6 Tanda-tanda kiamat kubra
Artinya: Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; Sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (QS. Al-Hajj:1)

Ayat di atas menunjukkan kebenaran akan datangnya kiamat dengan tanda-tandanya yang sangat dahsyat, tanda-tanda besar hadirnya kiamat ini merupakan puncak berakhirnya kehidupan makhluk hidup di alam dunia. Tidak ada satupun makhluk yang bisa menghindar dari akibat terjadinya kiamat, sebab kiamat inilah akhir dari segala kehidupan yang selanjutnya seluruh manusia sejak zaman Nabi Adam as hingga datangnya kiamat ini akan mempertanggungjawabkan semua yang telah dilakukan di dunia sekecil apapun.

Adapun tanda-tanda datangnya kiamat kubra tersebut adalah:
  1. Terbelahnya bulan
  2. Matahari terbit dari arah terbenamnya
  3. Keluarnya Dukhan (asap beracun) dari perut bumi yang membinasakan umat manusia
  4. Seringnya terjadi peristiwa gempa bumi
  5. Keluarnya hewan yang aneh dari dalam bumi
  6. Keluarnya api dari dasar bumi yang membinasakan manusia

Tanda-tanda di atas tidak seorangpun yang mengetahui kapan akan terjadi, namun demikian wajiblah bagi umat muslim yang beriman untuk meyakini dan mempercayai bahwa tandatanda di atas tersebut akan terjadi, sehingga saat tanda-tanda itu terjadi maka pintu kebaikanpun semakin tertutup dan dunia semakin rusak serta tidak bias dikendalikan oleh kekuatan apapun, di luar kekuatan Allah swt.

12 Nama-Nama Lain Hari Akhir dan Ayatnya

  1. Yaumul akhir artinya Hari Akhir (QS. Al-Baqarah ayat 8)
  2. Yaumul qiyamah artinya hari kiamat (QS. Al-Baqarah ayat 85)
  3. Yaumul ba’ts artinya hari kebangkitan dari alam kubur QS. Ar-Rum ayat 56)
  4. Yaumul hisab artinya hari perhitungan amal manusia (QS. Shad ayat 16)
  5. Yaumul dīn artinya hari pembalasan (QS. Al-Fatihah ayat 4).
  6. Yaumul haq artinya hari yang pasti terjadi (kiamat ) (QS. An-Naba ayat 29)
  7. Yaumul wa’id artinya hari terlaksananya ancaman Allah swt bagi orang ingkar (QS. Qaf, 20)
  8. Yaumul hasr artinya hari penyesalan atas dosa (QS. Maryam ayat 39)
  9. Yaumul khuruj artinya hari keluar dari kubur (QS. Qaf ayat 42)
  10. Yaumul mau’ud artinya hari yang dijanjikan (QS. Al-Buruuj ayat 2)
  11. Yaumul ‘asir artinya hari yang sangat sulit (QS. Al-Muddatstsir ayat 9)
  12. Yaumul Zalzalah, yaitu hari kegoncangan atau keruntuhan (QS. Al-Zalzalah ayat 1)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tanda Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra | 12 Nama Lain Hari Kiamat dan Ayat-Ayatnya"

Posting Komentar