Contoh Biografi dan Contoh Soal Pertanyaan dari Biografi Tersebut

Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Kisah ini lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang. Biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Biografi berarti cerita tentang hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Selain biografi, ada cerita tentang hidup seseorang yang ditulis sendiri. Cerita ini disebut autobiografi.

Contoh Biografi B.J Habibie

Berikut ini adalah sebuah biografi B. J. Habibie.
Habibie dilahirkan di Sulawesi pada tahun 1936. Habibie mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk belajar Teknik Pembuatan Pesawat Terbang di Aachen, Jerman. Setelah meraih gelar doktor pada tahun 1965, Habibie bergabung dengan industri pesawat terbang Hamburger Flugzeugbau (HF) dan kemudian pabrik pesawat terbang tersebut mengangkat beliau menjadi wakil presiden direktur.

Pada tahun 1974, Soeharto meminta Habibie untuk kembali ke Indonesia, dan menempatkannya sebagai pimpinan perusahaan perminyakan stategis. Pada tahun 1978, Habibie ditunjuk sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek). Jabatan ini dipegangnya sampai akhirnya pada Maret 1998 dia diangkat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Sewaktu menjabat sebagai Menristek, Habibie terkenal sebagai penyokong proyek ekonomi keuangan negara yang mahal yang ditujukan untuk membuat Indonesia berkecukupan secara teknologi.

Karena hubungan baik beliau dengan perusahaan Jerman, beliau memulai merakit helikopter Messerschmitt di sebuah hanggar di Bandung. Operasi ini diperluas dengan mempekerjakan 20,000 pekerja untuk membuat pesawat terbang turboprop berukuran kecil dan sedang. Rencana yang ambisius telah dirancang untuk pesawat terbang komersial buatan Indonesia dalam menyaingi perusahaan angkasa luar Eropa dan Amerika.

Proyek Habibie yang lainnya termasuk pembelian seluruh angkatan laut bekas Jerman Timur yang mahal pada tahun 1990-an, dan rencana untuk sebuah rangkaian reaktor-reaktor nuklir sepanjang pulau Jawa.

Dengan persetujuan Soeharto, Habibie mendirikan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) pada tahun 1990. ICMI adalah pusat untuk pengusaha non-China atau pribumi. ICMI mempunyai bank sendiri dan koran harian yang diberi nama Republika.

Contoh Soal dari Teks Biografi B.J. Habibie

1. Isilah riwayat hidup tokoh B. J. Habibie sesuai dengan isi teks!
  • Nama :
  • Tempat, tanggal lahir :
  • Pendidikan :
  • Pekerjaan :
2. Tuliskanlah keistimewaan dari tokoh tersebut!
3. Keteladanan apakah yang dapat kita ambil dari B. J. Habibie?
4. Buatlah simpulan dari isi biografi berdasarkan jawabanjawaban di atas!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Biografi dan Contoh Soal Pertanyaan dari Biografi Tersebut"

Posting Komentar