Contoh Pembukaan Diskusi, Inti dan Penutup Diskusi (Contoh Pernyataan Setuju dan Menyanggah dalam Diskusi)

Tujuan diskusi adalah memecahkan masalah. Oleh karena itu, diskusi harus memiliki mekanisme atau aturan main yang jelas. Semua pihak yang terlibat dalam forum diskusi, seperti moderator, notulis, narasumber (jika ada), dan peserta harus menaati mekanisme atau aturan main yang sudah disepakati.

1. Mekanisme Diskusi

Secara umum mekanisme yang digunakan dalam berdiskusi adalah sebagai berikut.
a. Pembukaan
Sebelum diskusi dimulai, moderator membuka acara diskusi dengan salam, puji syukur, ucapan terima kasih atas kehadiran peserta dan narasumber diskusi (jika ada).
Perhatikan contoh pembukaan diskusi berikut ini!
Selamat siang, salam sejahtera bagi kita semua.
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa, yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.
Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman, yang telah hadir di sini, untuk berpartisipasi dalam diskusi bulanan ini.


b. Inti
Tahap-tahap yang perlu dilakukan pada acara inti diskusi, antara lain sebagai berikut.
1) Moderator menyampaikan masalah atau topik yang akan dibahas secara singkat dan jelas, serta aturan main dalam diskusi.
Contoh
Pada diskusi kali ini, kita akan mengangkat sebuah topik ”Menanggulangi Bencana Banjir di Jakarta.” Sebagaimana telah kita ketahui bersama, pada awal bulan Februari kemarin, banjir telah melanda DKI Jakarta dan sekitarnya. Hampir 60% wilayah Jakarta tenggelam. Infrastruktur banyak yang rusak dan banyak korban jiwa.
Dalam diskusi ini, kita akan mencoba mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah banjir tersebut. Apakah upaya yang dapat kita lakukan agar kejadian memilukan ini tidak terulang lagi? Itulah masalah yang akan kita diskusikan.
Agar diskusi ini berjalan lancar, saya akan menyampaikan aturan main dalam diskusi.
Termin pertama kami buka bagi tiga peserta untuk menyampaikan gagasannya. Baiklah, saya buka termin yang pertama . . . .


2) Moderator mempersilakan peserta untuk menyampaikan gagasan atau menanggapi pendapat peserta.
Contoh
Baik, Saudara Ridwan saya persilakan untuk menyampaikan gagasannya!


3) Moderator mengingatkan peserta yang pembicaraannya menyimpang dari tema atau terlalu bertele-tele dalam menyampaikan gagasan atau tanggapan.
Contoh
a) Maaf Saudara Sinta, yang menjadi permasalahan kita kali ini adalah bagaimana menanggulangi banjir bukan siapa yang menyebabkan banjir. Saya mohon dengan hormat, Saudara lebih memfokuskan pembicaraan pada bagaimana menanggulangi banjir. Terima kasih.
b) Maaf Saudara Rahman, mohon tanggapan langsung pada inti permasalahan. Terima kasih, silakan dilanjutkan!


c. Penutup

Hal-hal yang perlu disampaikan oleh moderator dalam menutup diskusi, antara lain, menyimpulkan hasil diskusi, mengucapkan terima kasih kepada para peserta diskusi, dan mengucapkan salam penutup.
Contoh
Sebelum diskusi ini kita tutup, saya akan menyimpulkan beberapa hal yang telah kita bicarakan. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah banjir. Pertama, membangun daerah resapan air, baik berupa polder, sumur, maupun kanal.Kedua, melaksanakan program normalisasi sungai, yaitu dengan mengeruk sedimen air sungai. Ketiga, melakukan penghijauan atau penanaman tanaman (hutan resapan) di kawasan hulu DAS dan penanaman tanaman keras di sepanjang bantaran sungai. Adapun yang keempat, memberdayakan peran aktif masyarakat sebagai upaya pengendalian banjir. Saya selaku pemandu, jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon maaf. Semoga kita bertemu lagi dalam acara yang sama dengan tema yang berbeda. Selamat siang.
Contoh


2. Cara Memberikan Tanggapan dalam Diskusi

Tanggapan dapat berupa persetujuan, sanggahan, atau penolakan pendapat. Tanggapan hendaknya disampaikan dengan etika yang baik dan argumentatif. Perhatikan cara menyampaikan persetujuan, sanggahan, atau penolakan terhadap pendapat peserta lain dalam forum diskusi berikut ini!

a. Acungkan tangan terlebih dahulu sebelum berbicara!
b. Tunggulah beberapa saat hingga moderator mempersilakan untuk berbicara!
c. Ucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk berbicara, kemudian kemukakan identitas diri secara singkat!
d. Bicaralah dengan suara yang jelas, tidak berbelit-belit, dan terfokus pada inti permasalahan!
e. Hindarkan pembahasan masalah menyimpang dari topik diskusi yang telah ditentukan!


Contoh pernyataan setuju pada diskusi
Saya setuju dengan pendapat Niken, yakni bahwa hilangnya daerah resapan air dapat menyebabkan
banjir, lepas dari masalah siapa yang menyebabkan hilangnya daerah resapan air tersebut.


Contoh pernyataan menyanggah (menolak) pendapat peserta lain dalam diskusi
Saya tidak setuju kalau kita hanya menyalahkan Pemerintah. Yang salah bukan Pemerintah Provinsi
DKI Jakarta saja, tetapi juga warga Jakarta. Menurut saya, masyarakat juga ikut andil dalam
menyebabkan banjir. Sebagian besar warga tidak disiplin dalam membuang sampah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pembukaan Diskusi, Inti dan Penutup Diskusi (Contoh Pernyataan Setuju dan Menyanggah dalam Diskusi)"

Posting Komentar