Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam Biotik Nabati dan Hewani

Sumber daya alam terdiri atas unsur-unsur hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan disebut dengan sumber daya alam nabati dan yang berasal dari hewan disebut sumber daya alam hewani.

Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nabati

Pemanfaatan sumber daya alam nabati antara lain sebagai berikut.
1) Sumber bahan pangan, misalnya padi, jagung, sagu, ubi, dan tanaman lainnya yang mendukung keperluan pangan tidak terkecuali sayuran dan buah-buahan.
2) Sumber bahan sandang, misalnya penggunaan kapas serta tumbuhan yang berserat yang digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian.
3) Bahan dasar obat-obatan, misalnya jahe, kencur, temu lawak, dan berbagai jenis tumbuhan obat lainnya, yang berguna sebagai ramuan obat tradisional.
4) Keperluan industri, misalnya perkebunan tembakau, teh, perkebunan kopi, tebu, dan sebagainya.
 

Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hewani

Sumber daya alam hewani dapat dimanfaatkan antara lain sebagai berikut.
1) Sumber bahan sandang, misalnya penggunaan kulit binatang seperti bulu domba yang digunakan sebagai bahan pakaian, terutama di daerah dingin. Ulat sutra yang dapat menghasilkan kain wol.
2) Kulit dan tulang binatang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan hiasan.
3) Sumber bahan industri, sebagai bahan industri, ternak mempunyai peranan penting misalnya sepatu, tas, dan alat musik membutuhkan bahanbahan dari kulit ternak, dagingnya dimanfaatkan untuk makanan dalam kaleng, dan tulangnya digunakan untuk perekat atau lem dan untuk tepung tulang.

Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hewani
4) Sumber penelitian, dilihat dari segi keilmuan, ternak memberikan sumbangan terhadap kemajuan ilmu, khususnya ilmu kedokteran, dan biologi banyak menggunakan hewan sebagai objek eksperimennya.
5) Sumber lapangan pekerjaan, baik secara langsung maupun tidak langsung, ternak memberikan kesempatan kerja bagi manusia. Tempat-tempat seperti perusahaan ternak ayam ras, sapi perah, perusahaan sepatu kulit, dan tas kulit semuanya membutuhkan banyak tenaga kerja manusia.
6) Sumber gizi, ditinjau dari segi kesehatan, ternak merupakan salah satu sumber makanan yang bermutu tinggi, banyak mengandung protein, mudah dicerna. Di negara-negara miskin hanya sebagian kecil saja dari masyarakat yang sanggup membeli daging, bahkan barang ini masih merupakan barang mewah, lain halnya dengan negara maju.
7) Sumber tenaga, dilihat dari segi ekonomi, ternak merupakan sumber tenaga, sumber pupuk, sumber penghasilan, sumber objek usaha, dan tabungan. Ternak besar seperti sapi atau kerbau digunakan untuk membajak tanah dan ada juga yang digunakan untuk angkutan.
8) Sumber pupuk, ternak merupakan penghasil pupuk kandang yang sangat penting artinya bagi para petani. Daerah-daerah peternakan di Jawa seperti Boyolali, Pengalengan, Garut, dan Wonosobo sangat memanfaatkan kotoran hewan ternaknya untuk digunakan sebagai pupuk kandang karena di daerah
tersebut selain peternakan, pertaniannya juga maju.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam Biotik Nabati dan Hewani"

Posting Komentar