8 Contoh Cara yang Dilakukan untuk Meningkatkan Sektor Pariwisata

Bagaimana Cara Meningkatkan Sektor Pariwisata itu?

Pariwisata merupakan salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya alam nonmigas dan budaya yang menjadi sumber pendapatan penduduk dan negara yang tidak sedikit jumlahnya. Oleh karena itu sudah selayaknya pemerintah bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa turut berperan aktif dalam mengembangkan sektor pariwisata Indonesia.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sektor kepariwisataan antara lain melalui jalan sebagai berikut.
1) Meningkatkan promosi berbagai objek wisata, baik dalam bentuk guidance book (buku panduan wisata Indonesia), pencanangan tahun kunjungan wisata Indonesia atau promosi melalui media massa.
2) Meningkatkan kuantitas dan kualitas fasilitas di objek wisata.
3) Menjaga keasrian dan kelestarian objek wisata.
4) Menjaga keamanan dan kenyamanan objek wisata, agar para wisatawan merasa betah dan aman selama tinggal di daerah objek wisata.
5) Mendirikan lembaga-lembaga pendidikan yang berhubungan dengan kepariwisataan untuk mencetak tenaga terdidik dan terlatih dalam bidang pariwisata.
6) Meningkatkan prasarana dan sarana transportasi yang memperlancar perjalanan menuju objek wisata.
7) Meningkatkan kualitas cinderamata yang akan dibeli oleh para wisatawan.
8) Memasyarakatkan program Sapta Pesona Pariwisata, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan (kesan) baik yang berhubungan dengan kesan tentang berbagai hal yang terdapat di objek wisata maupun berhubungan dengan cinderamata yang khas.

Keanekaragaman etnik dan budaya lokal yang berkembang di seluruh kawasan di Indonesia menjadi aset dan potensi bangsa dalam bidang pariwisata. Diperlukan peran aktif dari seluruh komponen lapisan masyarakat guna mewujudkan Indonesia menjadi daerah tujuan wisata dunia. Pada akhirnya dapat meningkatkan penerimaan devisa bagi negara dari sektor nonmigas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Contoh Cara yang Dilakukan untuk Meningkatkan Sektor Pariwisata"

Posting Komentar