Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok/Ortodock disertai Gambar (Awalan, Tolakan, Melayang, Mendarat | Pengertian dan Tujuan Lompat Jauh)

Tujuan lompat jauh yaitu melakukan lompatan dengan hasil semaksimal mungkin. Lompat jauh adalah gerakan berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain dengan satu kali tolakan ke depan sejauh-­jauhnya. Pada lompat jauh terdapat beberapa gaya, yaitu gaya jongkok (gaya ortodock), gaya menggantung (gaya shepper), dan gaya berjalan di udara (walking in the air). 
    Lompat jauh gaya jongkok merupakan gaya tertua dalam lonpat jauh, gaya jongkok paling mudah dilakukan karena pelompat hanya melakukan gerakan menekuk kedua kaki saat melayang di udara (seperti gerakan Jongkok) jadi Lompat jauh gaya jongkok adalah gerakan lompat jauh dimana badan atau tubuh seperti jongkok di udara.

Teknik dasar dan gambar lompat jauh gaya jongkok/ortodock, antara lain sebagai berikut.
    Teknik dasar lompat jauh pada dasarnya dibagi menjadi empat bagian yaitu: Awalan, tumpuan atau tolakan, saat melayang di udara, dan mendarat di bak lompat. 
1. Awalan
    Gerakan lompat jauh gaya jongkok dimulai dengan awalan atau ancang-ancang. Melakukan awalan atau ancang­ancang dengan lari secepatnya hingga melakukan tumpuan di balok lompat atau papan tumpuan. Pada waktu melakukan awalan tidak boleh menoleh, tetapi pikiran konsentrasi ke arah tolakan atau tumpuan. Gerakan awalan ini sangat menentukan daya dorong tubuh ke depan karena semakin cepat melakukan lari awalan semakin tinggi atau besar tenaga inersia yang dihasilkan untuk membawa tubuh ke depan, sehingga hasil lompatanpun akan semakin jauh.
Gambar Awalan Lompat Jauh Gaya Jongkok Ortodock - Teknik dasar dan gambar lompat jauh gaya jongkok ortodock
2. Tolakan atau Tumpuan
    Gerakan tolakan atau tumpuan pada lompat jauh merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan lompat jauh. Oleh karena itu, agar mendapat hasil lompatan yang semaksimal mungkin, tolakan atau tumpuan harus dilakukan dengan sebaik­baiknya.
Cara melakukan tolakan atau tumpuan adalah sebagai berikut.
Gambar Tolakan atau Tumpuan Lompat jauh gaya jongkok - Teknik dasar dan gambar lompat jauh gaya jongkok ortodock
  • Tumpuan kaki pada balok lompat dilakukan dengan satu kaki, boleh kaki kanan atau kiri. Gunakan kaki yang paling kuat.
  • Pada waktu kaki menumpu harus tepat di atas balok lompat diikuti badan condong ke depan disusul kaki yang lain diangkat ke arah depan atas dengan sudut tolakan antara 40–50 derajat.
Cara melakukan tolakan yang benar adalah menggunakan kaki terkuat, boleh kaki kanan atau kaki kiri yang terpenting tolakan dilakukan pas di atas papan tolak. Tolakan sekuat-kuatnya ke arah atas dengan kecondongan badan 40-50 derajat.
3. Melayang (Sikap Badan di Udara)
    Setelah melakukan tumpuan dengan badan condong ke depan, kaki diayunkan ke depan untuk membantu berat badan ke atas disusul kaki tumpu juga diayunkan ke depan. Pada waktu melayang, lutut kedua kaki sedikit ditekuk seperti sikap jongkok, gerakan ini akan tampak seperti melakukan jongkok di udara dengan ke dua tangan lurus ke depan.. Pada saat posisi kaki diayunkan ke depan yang diikuti kedua tangan diayunkan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil lompatan semaksimal mungkin.
Gambar Melayang (Sikap Badan di Udara) lompat jauh gaya jongkok ortodock - teknik dasar lompat jauh
4. Sikap Mendarat
    Pelompat jauh saat mendarat, kedua kaki ditekuk posisi jongkok dengan tumit mendarat lebih dahulu. Berat badan didorong ke depan dan kedua lengan diluruskan ke depan. Cara pendaratan seperti ini diharapkan lompatan jauh jatuh ke belakang lagi.
Gambar Sikap Mendarat lompat jauh gaya jongkok ortodock

Teknik Praktik untuk Siswa Melakukan Lompat Jauh Gaya Jongkok
    Cara melakukannya sebagai berikut.
  1. Siswa berbaris berjajar di depan bak lompat jauh sejauh 5 meter.
  2. Siswa satu per satu secara bergantian melakukan ancang-ancang atau awalan. Awalan dilakukan dengan berlari secepatcepatnya menuju balok tumpuan.
  3. Setelah sampai pada balok tumpuan, siswa menumpu dengan salah satu kaki pada balok tumpuan dengan tepat. Kemudian, lompatlah setinggi mungkin dan kaki yang satu melangkah ke depan dengan posisi badan condong ke depan.
  4. Saat melayang kedua lutut kaki ditekuk, dan mendarat dengan posisi jongkok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok/Ortodock disertai Gambar (Awalan, Tolakan, Melayang, Mendarat | Pengertian dan Tujuan Lompat Jauh)"

Posting Komentar