Membaca Memindai / Scanning (Pengertian, Proses, Fungsi, Cara Membaca dan Contohnya Lengkap)

Membaca memindai adalah suatu cara menemukan informasi dari bacaan secara cepat dengan melihat keseluruhan halaman demi halaman dan berhenti pada bagian yang dimaksud. Membaca memindai sering disebut juga dengan istilah scanning.
membaca memindai scanning
Pengertian lain dari membaca memindai / scanning:
  • Membaca memindai adalah adalah teknik baca sepintas atau teknik baca tatap (Haryadi, 2007: 170).
  • Membaca memindai adalah merupakan teknik membaca sekilas dan cepat, tetapi teliti dengan maksud menemukan dan memeroleh informasi tertentu atau fakta khusus dari sebuah bacaan (Tarigan, 1994: 31).
  • Scanning adalah memindai atau baca-tatap, yaitu membaca cepat, tetapi teliti.
Proses membaca memindai dapat diawali dengan membaca cepat dan sekilas. Kemudian dilanjutkan dengan membaca ulang secara cermat dan penuh konsentrasi. Dalam membaca memindai diperlukan ketelitian, kejelian, dan kecermatan. Hal ini bertujuan agar informasi yang kita dapatkan benar-benar akurat.
    Dalam penggunaannya, pembaca langsung mencari informasi tertentu atau fakta khusus yang diinginkan tanpa memerhatikan atau membaca bagian lain dalam bacaan yang tidak dicari. Setelah menemukan infomasi yang dicari, dilanjutkan dengan membaca dengan teliti untuk memperoleh infomasi tersebut.

Fungsi/ Tujuan/ Kegunaan Membaca Memindai
    Apa saja kegunaan teknik membaca memindai?
Teknik ini bertujuan memperoleh fakta atau informasi secara cepat dan tepat. Dalam kehidupan sehari-hari, teknik membaca memindai digunakan dengan tujuan, antara lain:
  1. Menemukan topik tertentu
  2. Memilih acara tertentu
  3. Menemukan kata dalam kamus
  4. Mencari nomor telepon dalam buku petunjuk telepon
  5. Mencari entri pada indeks (Soedarso, 2004: 96).
  6. Informasi dalam ensiklopedia
  7. Informasi melalui indeks
  8. Nomor-nomor tertentu (rekening bank, nomor peserta ujian)
  9. Jadwal-jadwal (kereta api, pesawat terbang, acara televisi dan radio).
  10. Angka-angka statistik
Cara Membaca Memindai Kamus
    Langkah-langkah membaca memindai untuk mencari arti kata dalam kamus sebagai berikut.
1. Pahami dahulu kata tersebut termasuk kata dasar atau kata bentukan.
Contoh:
lumpur (kata dasar)
Kata lumpur dicari artinya di urutan abjad huruf l.
2. Tentukan dahulu kata dasarnya jika kata yang akan dicari berupa kata bentukan.
Contoh:
berlumpur (kata bentukan)
Kata berlumpur dicari artinya pada bagian kata lumpur. Carilah kata dasar itu dalam kamus sesuai urutan abjad. Berikutnya, temukan kata bentukan beserta artinya di bagian bawah kata dasar.
  • Ketika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia dan mencari kata laut, urutkan secara keseluruhan halaman demi halaman dan temukan huruf/abjad l dengan kata laut. Melalui kamus tersebut, akan kamu temukan definisi dan informasi mengenai laut. arti dalam kamus: La. ut. an kumpulan air asin (dalam jumlah yang banyak dan luas) yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau.
Ingatlah!
Pada setiap halaman kamus ada kata yang ditulis pada bagian atas halaman yang bersangkutan. Kata-kata itu akan mempermudah dan mempercepat mencari arti kata yang kita maksud. Kita dapat mencari kata pada bagian atas kamus yang unsur pembentuknya sama.
Contoh:
Kita akan mencari arti kata lumpur. Carilah kata lulut, lumpur. Kemudian, telusurilah setiap kata di bawahnya. Kita akan menemukan kata lumpur.

Contoh Cara Membaca Memindai dalam Kamus
    Perlu diketahui bahwa kamus merupakan hasil pencatatan (kodifikasi) kosakata yang disertai batasan makna serta contoh pemakaiannya dalam kalimat. Hal ini dimaksudkan agar pembaca makin memahami makna kata serta cara menggunakan kata tersebut dalam kalimat secara tepat.
    Perhatikanlah teks bacaan di bawah ini beserta penjelasannya. Terdapat kata atau istilah yang dianggap penting dalam bidang pendidikan yang terdapat dalam bacaan di bawah ini. Kata-kata tersebut kemudian harus kalian cari maknanya dalam kamus.
Beberapa pemerintah kabupaten di Jawa Tengah memutuskan tidak akan memberikan pelayanan gratis bagi pendidikan. Pemerintah menilai, pemberian fasilitas sekolah gratis akan mematikan semangat masyarakat untuk mandiri. Selain itu, layanan pendidikan gratis juga dinilai makin menambah beban anggaran pemerintah. Pasalnya, tingkat kesejahteraan masyarakat tidak seluruhnya dalam kategori miskin atau layak mendapatkan subsidi.
Setelah membaca bacaan tersebut, kita perlu mencatat kata-kata yang tercetak miring dalam teks bacaan di atas. Setelah pencatatan, kalian lanjutkan dengan mencari makna kata tersebut serta contoh penggunaannya ke dalam kamus dengan cara sebagai berikut.
  1. Buka Kamus Besar Bahasa Indonesia dan lihatlah lemanya. Lema, yang berupa kata tunggal, kata berimbuhan, kata berulang, kata majemuk, frasa (gabungan kata), atau akronim, menjadi judul tiap entri, dan itulah yang dijelaskan di dalam kamus. Semua lema telah disusun secara alfabetis dan disertai dengan pemenggalan berdasarkan pedoman terperinci.
  2. Untuk dapat menemukan entri kata anggaran, buka lema bagian depan yang telah diurutkan ( A – Z ). Cari lema dengan urutan ang.gar.an. Di situ kalian akan menemukan arti atau makna katanya. Untuk entri kata subsidi, kalian buka lema sub.si.di. Di situ kalian akan menemukan pula arti katanya.
Berdasarkan hasil pencarian tersebut, dapat ditemukan sebagai berikut.
    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Depdiknas tahun 2002 halaman 47 dituliskan definisi anggaran sebagai berikut.
ang.gar.an n 1 pekerjaan; perhitungan; 2 aturan; 3 Ek taksiran mengenai penerimaan dan pengeluaran kas yang diharapkan untuk periode yang akan datang; 4 Man rencana penjatahan sumber daya yang dinyatakan dengan angka, biasanya di saham uang;
Dalam kamus tersebut, definisi subsidi dapat ditemukan pada halaman 1095, yang ditulis sebagai berikut.
sub.si.di n bantuan uang dsb kpd yayasan, perkumpulan, dsb (biasanya dr pihak pemerintah) = panti asuhan mendapat - dari pemerintah;
Baca juga: Contoh Berita Singkat Lengkap 😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membaca Memindai / Scanning (Pengertian, Proses, Fungsi, Cara Membaca dan Contohnya Lengkap)"

Posting Komentar