Cerita Singkat Nabi Ibrahim As yang Mengutamakan Allah daripada Harta

Cerita Singkat Nabi Ibrahim As - Diceritakan bahwa nabi Ibrahim AS adalah sosok yang sangat kaya. Ia memiliki ribuan binatang ternak mulai dari sapi, kambing dan onta. Untuk menjaga binatang ternaknya, selain nabi Ibrahim memiliki pekerja khusus, ia juga memelihara dua belas ribu ekor anjing. Jadi bisa dibayangkan betapa banyak binatang ternak yang dipelihara oleh nabi Ibrahim AS.

Cerita Singkat Nabi Ibrahim As yang Mengutamakan Allah daripada Harta

Banyak orang terperangah dengan kekayaan yang dimiliki oleh Ibrahim AS ini. Mereka lebih terperangah lagi saat suatu hari Ibrahim AS melakukan kurban dengan menyembelih seratus ekor onta, tiga ratus ekor sapi dan seribu ekor kambing. Secara tidak sengaja saat banyak orang terperangah dengan kurban yang dilakukan Ibrahim dengan berseloroh Ibrahim berkata: “Jangankan binatang ternak, seandainya aku mendapatkan anak dan Allah Swt memerintahkan aku untuk mengorbankannya, maka niscaya aku akan mengorbankannya”. Pernyataan inilah yang konon akhirnya diterima oleh Ibrahim As untuk menyembelih anaknya Ismail AS.

Tidak hanya itu suatu saat Jibril AS berkomunikasi dengan Allah Swt mengenai sosok Ibrahim. Jibril AS meminta izin untuk menguji keimanan Ibrahim bahwa benarkah walaupun Ibrahim memiliki harta yang melimpah ruah, tetapi keimanan kepada Allah merupakan prioritas. Saat itu Allah Swt mengizinkan Jibril As untuk menguji keimanan Ibrahim.

Setelah itu Jibril berpura-pura menjadi seorang peminta-minta yang miskin. Saat itu ia meminta seekor kambing kepada Ibrahim dan Ibrahim AS memberikannya. Setelah Ibrahim memberikan seekor kambing rupanya Jibril ingin menguji Ibrahim kembali. Ia berkata:”Wahai Ibrahim AS bagaimana kalau aku meminta sepertiga dari binatang ternakmu? “Silahkan engkau bawa nanti akan aku siapkan jika engkau memang membutuhkannnya, jawab Ibrahim”.

Ternyata Jibril belum puas menguji Ibrahim AS. Tidak lama kemudian ia berkata:” Wahai Ibrahim bagaimana apabila aku membutuhkan seluruh hewan ternakmu?” Dengan tersenyum Ibrahim menjawab: “Apabila engkau membutuhkannya, bawalah seluruh binatang ternak milikku ini berikut para pekerja dan anjing penjaga. Sungguh aku merelakannya”. Setelah itu Jibril berkata: “Sekarang aku yakin kepadamu Ibrahim bahwa engkau memang sosok yang lebih mengutamakan beribadah kepada Allah Swt dari pada hartamu”.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita Singkat Nabi Ibrahim As yang Mengutamakan Allah daripada Harta"

Posting Komentar