Contoh Teks Berita dan Soal Pertanyaan dari Teks Berita

Contoh Teks Berita : Perjuangan Menggapai Cita-cita

Reporter : Yadi Supyandi
Juru kamera : Damar Galih
Lokasi : Kofiau, Raja Ampat, Irian Jaya Barat
Penayangan : 02 Mei 2007 Pukul 12.00 WIB

Beginilah perjuangan siswa sekolah menengah di distrik Kofiau, Kabupaten Raja Ampat, Irian Jaya Barat, untuk sekolah. Mereka harus naik sampan menyeberang pulau untuk sampai ke sekolah. Meskipun tinggal di daerah terpencil, siswa SMP Negeri Kofiau ini sarat prestasi.
Di bidang pelajaran, nilai ujian nasional mereka tertinggi untuk Kabupaten Kepulauan Raja Ampat.
Sedangkan di bidang seni, SMP Negeri Kofiau juara porseni se-Kabupaten Raja Ampat. Pulau Deer Kofiau terletak sekitar 50 mil laut dari Sorong, ibu kota Provinsi Irian Jaya Barat.
Bila menggunakan speed boat dapat ditempuh dalam waktu sekitar empat jam perjalanan. Namun, saat musim angin barat, ketika ketinggian gelombang laut mencapai belasan meter, pulau ini menjadi terisolasi karena tidak dapat dicapai melalui laut. SMP Negeri Tiga Distrik Kofiau merupakan jenjang pendidikan tertinggi di pulau ini.
Bila ingin melanjutkan pendidikan ke SMA, para siswa di sini harus pergi ke Pulau Waigeo, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, atau ke Kota Sorong. SMP Negeri Tiga Kofiau cukup layak. Gedungnya permanen dan teduh oleh pepohonan. Murid sekolah ini berjumlah 135 orang dengan enam orang guru. Yang masih kurang adalah fasilitas perpustakaan.
Jumlah buku yang tersedia masih sangat terbatas. Semangat siswa SMP ini untuk sekolah cukup tinggi. Bahkan, ada siswa yang harus mendayung sampan selama dua jam perjalanan dari seberang pulau untuk sekolah di sini. Selain berprestasi di bidang pelajaran, siswa SMP ini juga berprestasi di bidang seni, dengan meraih juara dalam porseni se-Kabupaten Raja Ampat.
Lihat saja keterampilan mereka dalam membawakan tarian suling tambur ini. Gerakan yang lincah dengan dipadu keterampilan memainkan alat musik suling dan tambur membuat penampilan mereka patut dipuji. Tarian suling tambur ini biasanya ditampilkan sebagai penghormatan untuk tamu yang datang. Selain menari, para siswa SMP ini juga terampil menyanyikan lagu-lagu daerah setempat.
Para siswa ini memang merupakan anggota vokal grup yang dilatih khusus untuk mengikuti berbagai festival kesenian daerah. Seni musik dan seni tari merupakan pelajaran ekstrakulikuler di sekolah ini. Tinggal di daerah terpencil tidak berarti prestasi ikut tertinggal. Seperti yang telah ditunjukkan oleh para siswa SMP Negeri Tiga Kofiau ini. Mereka tetap dapat berprestasi guna menggapai cita-cita di masa depan.
Sumber: http://news.indosiar. com

Soal Pertanyaan dari Teks Berita

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Transportasi apa yang digunakan oleh siswa di distrik Kofiau untuk menuju ke tempat sekolah?
2. Di manakah letak distrik Kofiau?
3. Terletak di manakah Pulau Door Kofiau?
4. Fasilitas apa yang masih kurang di SMP tersebut?
5. Apa saja prestasi SMP Negeri 3 Kofiau?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Teks Berita dan Soal Pertanyaan dari Teks Berita"

Posting Komentar