Pengelompokan Flora berdasarkan Takson dan Phylum

Flora adalah semua kelompok tumbuhan yang ada di permukaan bumi. Tumbuhan yang ada di permukaan bumi memiliki jenis dan karakter yang berbeda-beda. Tempat asal dan cara persebaran dunia tumbuhan berbeda antara satu dengan yang lainnya, sesuai dengan kondisi geografis dimana tumbuhan itu hidup.

Pengelompokan Flora berdasarkan Takson dan Phylum

Pengelompokan Flora berdasarkan Takson

Berdasarkan tingkatan pengelompokannya (takson), klasifikasi dunia kehidupan tumbuhan adalah sebagai berikut.
a. Phylum atau division, merupakan takson di bawah regnum/kingdom sebagai kelompok besar berdasarkan ciri atau sifat yang ada dan masih umum.
b. Class atau kelas, adalah pengelompokan yang lebih kecil dari divisio atau filum.
Misalnya kelompok tumbuhan Bryophyta berdasarkan ciri yang ada dikelompokkan menjadi kelas Musci, Hepaticae, dan lain-lain.
c. Ordo atau bangsa, merupakan takson berikutnya dengan ciri dan sifat yang lebih khusus lagi. Pada tingkatan ini ada kekhususan dalam penulisan taksonnya, yaitu untuk tumbuhan umumnya berakhiran les, misalnya kelas Monocotyledonae dikelompokkan ke dalam Poales, Zingiberales, dan lain-lain.
d. Family atau suku, merupakan takson yang memiliki ciri dan sifat yang lebih khusus lagi dari ordo. Famili atau suku ini adalah takson yang meliputi sejumlah marga dengan jenis-jenis yang dianggap berasal dari nenek moyang yang sama. Pada tumbuhan umumnya berakhiran ceae, misalnya Zingiberales dikelompokkan menjadi famili Zingiberaceae.
e. Genus atau marga, merupakan takson yang mencakup sejumlah jenis makhluk hidup yang menunjukkan persamaan dalam struktur alat reproduksinya.
f. Species atau jenis, merupakan satu takson yang memiliki sifat sama, baik secara morfologis, anatomis, maupun sosiologis. Makhluk hidup yang sejenis (satu spesies) memiliki jumlah kromosom yang sama, biasanya hidup dalam habitat dan areal yang sama. Jika terjadi perbedaan penampilan, biasanya perbedaan hanya terjadi pada tatanan gen dalam kromosom.


Pengelompokan Flora berdasarkan Phylum

Berdasarkan tingkatan pengelompokan yang paling luas, phylum, dunia tumbuhan yang ada di permukaan bumi dapat dikelompokkan ke dalam lima kelas (class), sebagai berikut.
a. Schizopyta, yaitu tumbuh-tumbuhan bersel satu/tunggal, seperti bakteri kolera, TBC, algae biru dan hijau.
b. Thalopyta, yaitu tumbuh-tumbuhan bertalus, contohnya jamur, ganggang hijau, dan diatonea.
c. Pteridopyta, yaitu tumbuh-tumbuhan jenis paku, seperti pakis haji.
d. Bryopyta, adalah tumbuhan jenis lumut, seperti lumut hati.
e. Spermatopyta, adalah sejenis tumbuh-tumbuhan berbunga, contohnya pohon mangga, jagung, kelapa, kembang sepatu, dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengelompokan Flora berdasarkan Takson dan Phylum"

Posting Komentar