Faktor yang Mendukung dan Menghambat Kematian (Promortalitas & Antimortalitas)

Apa Faktor yang mempengaruhi angka kematian?
Tingkat kematian dalam setiap wilayah berbeda-beda, sesuai dengan karakter wilayah masing-masing. Ada dua faktor yang mempengaruhi tingkat kematian, yaitu faktor yang mendukung dan menghambat kematian.
 

a) Faktor yang mendukung kematian (promortalitas)

• Rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Perilaku kesehatan dalam kehidupan sehari-hari masih rendah. Di antara mereka masih ada yang beranggapan bahwa masalah mati bukan urusannya tapi urusan Tuhan. Pernyataan itu betul, tapi sebelum mati menjemputnya, mesti ada usaha dari setiap individu untuk menjaga hidupnya dari berbagai gangguan, termasuk dalam bidang kesehatan.
• Fasilitas kesehatan masih kurang memadai. Di daerah tertentu masih ada yang belum memiliki fasilitas kesehatan setingkat Puskesmas, sehingga masyarakat sulit untuk berobat. Kalaupun ada, di daerah-daerah tersebut terkadang kurang tersedia obat atau peralatan yang memadai untuk kebutuhan pasien.
• Faktor kecelakaaan. Faktor ini insidental, tapi sering terjadi, seperti kecelakaan lalu lintas darat, laut, atau udara.
• Bencana alam. Bencana alam memberikan pengaruh yang besar dalam menambah angka kematian. Kejadian-kejadian yang sering menimpa seperti longsor, banjir, gunung meletus, dan gempa bumi mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang tidak sedikit. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam satu kali bencana saja tidak jarang memakan korban ratusan bahkan ribuan orang, sehingga secara demografi dapat menaikkan angka kematian.

Faktor yang mendukung kematian diantaranya adalah bencana alam
• Peperangan. Terjadinya peperangan dapat juga meningkatkan angka kematian di suatu wilayah. Jumlah penduduk negara yang mengalami kekacauan karena perang akan mengalami penurunan jumlah penduduk yang cukup drastis. Contohnya, peperangan di Irak, perang di Bosnia, perang di Vietnam, dan lain-lain.

b) Faktor yang menghambat kematian (antimortalitas)

Ada beberapa hal yang dapat menghambat lajunya angka kematian, di antaranya sebagai berikut.
• Fasilitas kesehatan lengkap. Setiap daerah yang memiliki fasilitas kesehatan lengkap akan menghambat lajunya penambahan angka kematian di kawasan itu. Termasuk dalam fasilitas kesehatan, di antaranya rumah sakit, Puskesmas, obat-obatan, kelengkapan rumah sakit atau Puskesmas, dokter, dan paramedis.
• Lingkungan yang bersih dan teratur. Wabah penyakit akan jauh dari lingkungan yang bersih dan teratur, karena penyakit tidak bisa hidup di lingkungan yang bersih. Penduduk yang tinggal di kawasan yang bersih jarang terjangkit penyakit, sehingga produktivitas kerja sangat tinggi.
• Adanya larangan agama. Setiap agama melarang umatnya saling membunuh dan saling berperang, kecuali hanya untuk mempertahankan diri. Pelarangan agama ini bisa menghambat meningkatnya angka kematian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor yang Mendukung dan Menghambat Kematian (Promortalitas & Antimortalitas)"

Posting Komentar