Faktor yang Mendukung dan Menghambat Angka Kelahiran

Apa saja Faktor yang mempengaruhi angka kelahiran?

a) Faktor yang mendukung kelahiran (pronatalitas)

• Pernikahan dini. Menikah pada usia sangat muda, besar kemungkinan memiliki anak yang banyak. Ini disebabkan usia subur wanita lebih panjang, sehingga kesempatan hamil juga akan lebih lama dan sering.
• Persepsi orang tua tentang banyak anak banyak rezeki. Pepatah tersebut masih berlaku sampai sekarang. Benar pepatah itu, manakala anak-anaknya dalam keadaan sukses. Boleh saja banyak anak, asalkan secara kesehatan dan ekonomi sangat terjamin, baik bagi anak-anak maupun keluarga pada umumnya.
• Tingkat kesehatan tinggi. Penduduk yang sudah mengerti pentingnya kesehatan akan datang ke rumah sakit atau Puskesmas untuk memeriksakan kesehatannya secara berkala. Jika hal ini sudah melembaga di masyarakat, maka tingkat kematian bayi sewaktu dilahirkan akan menurun. Pertambahan penduduk akan cepat meningkat karena banyak bayi yang dilahirkan dengan selamat.

b) Faktor yang menghambat kelahiran (antinatalitas)

• Dibatasinya usia pernikahan oleh pemerintah. Menurut peraturan yang terbaru, usia pernikahan bagi laki-laki minimal 21 tahun dan bagi perempuan 19 tahun. Secara ilmiah, pembatasan usia pernikahan ini dapat menghambat atau menjarangkan angka kelahiran, karena masa reproduktif bagi wanita bisa diperkecil, begitupun bagi laki-laki. Sebab menghambat tiga tahun saja usia pernikahan, berarti telah mengurangi kelahiran lebih kurang dua orang bayi.
• Digalakkannya program Keluarga Berencana (KB). Keluarga Berencana pada dasarnya berusaha menghambat atau menurunkan tingkat kelahiran penduduk, baik dengan cara menunda penikahan atau mencegah kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi.
• Adanya pembatasan tunjangan anak bagi pegawai negeri. Hal ini sedikit banyak memberikan pengaruh bagi mereka, sehingga mereka dengan sendirinya membatasi kelahiran demi kesejahteraan anak di masa yang akan datang.
• Ada persepsi yang berlawanan dengan anggapan orang tua. Sebagian orang beranggapan bahwa banyak anak bisa merupakan beban bagi orang tua.
Sehingga di zaman ini, sudah banyak keluarga yang membatasi kelahiran anaknya walaupun mereka tidak mendapat penyuluhan KB. Mereka dengan sendirinya membatasi kelahiran karena tidak mau mendapat beban yang berlebihan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor yang Mendukung dan Menghambat Angka Kelahiran"

Posting Komentar