Kelebihan Penyajian Data Kependudukan Bentuk Tabel, Diagram, Gambar, dan Peta

Data kependudukan yang terhimpun biasanya disajikan dalam bentuk informasi kuantitatif, seperti usia, jumlah anggota keluarga, penghasilan, dan data yang lainnya. Informasi kualitatif meliputi jenis kelamin, pekerjaan, tempat tinggal, dan status perkawinan. Data tersebut harus diolah menjadi data yang bersifat informatif dan mudah dipahami.

Agar data kependudukan menjadi data yang informatif maka penyajian data harus disusun dalam bentuk tabel, diagram, peta, dan gambar.

1. Kelebihan Penyajian Data Kependudukan Berbentuk Tabel

Kelebihan penyajian data kependudukan dengan menggunakan tabel adalah sebagai berikut.
a. Memudahkan dalam membandingkan antara satu komponen dan komponen yang lainnya.
b. Memudahkan dalam membandingkan antara periode tertentu dan periode yang lainnya.
c. Data dapat disajikan secara akurat.
d. Dapat menyajikan data yang kompleks.

Berikut ini adalah contoh penyajian data kependudukan dengan menggunakan tabel. Perhatikan Tabel berikut mengenai jumlah penduduk Indonesia tahun 2000.

Kelebihan Penyajian Data Kependudukan Berbentuk Tabel

2. Kelebihan Penyajian Data Kependudukan Berbentuk Diagram

Selain berbentuk tabel, data kependudukan dapat disajikan dalam bentuk diagram. Kelebihan penyajian data kependudukan dengan menggunakan diagram adalah sebagai berikut.
a. Dapat membandingkan kisaran antara satu komponen dan komponen yang lainnya.
b. Mudah dipahami karena datanya lebih sederhana.

Contoh diagram kependudukan yang dapat membandingkan kisaran antara satu komponen dan komponen yang lainnya yaitu sebagai berikut.

Kelebihan Penyajian Data Kependudukan Berbentuk Diagram

3. Kelebihan Penyajian Data Kependudukan Berbentuk Gambar

Kelebihan penyajian data kependudukan dengan menggunakan gambar adalah memberikan informasi secara kualitatif tentang bentuk dan karakter penduduk atau lokasi layanan umum/sosial, seperti pakaian adat, rumah adat, atau suku tertentu.

Kelemahan penyajian data kependudukan dengan gambar adalah tidak diketahuinya angka dan perkembangan yang lengkap.
 

4. Kelebihan Penyajian Data Kependudukan Berbentuk Peta

Selain berbentuk tabel, diagram, dan gambar, data kependudukan juga dapat disajikan dalam bentuk peta. Pembuatan peta yang menyajikan data kependudukan agak rumit jika dibandingkan dengan menggunakan tabel, diagram, atau gambar. Perlu ketelitian dan kecermatan dalam pem buatan peta kependudukan karena data yang ditampilkan biasanya meng gunakan simbol dan warna tertentu untuk menunjukkan jumlah penduduk.

Kelebihan penyajian data kependudukan dengan menggunakan peta adalah dapat memberikan informasi kependudukan yang cakupannya lebih luas. Dengan menggunakan peta pembaca dapat melihat data kependudukan di dunia dengan mudah. Jika ditampilkan dengan menggunakan tabel, data kependudukan di dunia akan sulit ditampilkan dan sulit untuk dipahami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan Penyajian Data Kependudukan Bentuk Tabel, Diagram, Gambar, dan Peta"

Posting Komentar