Ketentuan Zikir & Doa dalam Al-Quran dan Hadis (Arti dan Manfaat Zikir & Doa)

ZIKIR

Ketentuan hukum zikir terdapat dalam al-Quran berikut ini.

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Artinya:
Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. (QS. Al-Baqarah [2]:52)

Zikir & Doa dalam Al-Quran dan Hadis, manfaatnya

Dalil tentang Zikir dalam Surah al-Ahzab ayat 43

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Artinya:
Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya.

Hadis tentang Zikir
Diriwayatkan dari Abu Darda’ ia berkata: Rasulullah Saw. bersabda:
Ketentuan hukum zikir dalam hadis

Artinya:
"Maukah kamu aku tunjukan amalan yang terbaik dan paling suci disisi Rabbmu, yang paling mengangkat derajatmu, lebih baik bagimu daripada menginfakkan emas dan perak dan lebih baik bagimu daripada bertemu dengan musuhmu lantas kamu memenggal leher meraka atau mereka memenggal lehermu"?
Para sahabat yang hadir menjawab: "Tentu saja wahai Rasulullah!" Beliau bersabda: "Zikir kepada Allah Yang Maha Tinggi." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
 
Pengertian dan Arti Zikir
Kata zikir berasal dari kata zakaro > yazkuru > zikran yang artinya; mengingat, menyebut, menuturkan atau merenungi. Sedangkan menurut istilah adalah mengingat Allah Swt., dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan cara menyebut semua sifat-sifat keagungan-Nya atau kemulian-Nya, seperti membaca tasbih, tahmid, takbir dan tahlil.


DOA

Dalil tentang doa dalam al-Quran surah al-A'raf ayat 55-56

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ - 7:55
وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِينَ - 7:56
 
Artinya:
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan. (QS. Al-A'raf [7]: 55-56)

Dalil hukum doa dalam al-Quran surah al-Baqarah ayat 186

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya:
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran. (QS. Al-Baqarah [2]:186)


Pengertian dan Arti Doa
Doa menurut bahasa adalah memanggil atau memohon sesuatu, sedangkan menurut istilah adalah permohonan sesuatu yang disampaikan manusia sebagai makhluk kepada Allah Swt sebagai Sang Pencipta dengan merendahkan diri dan tunduk kepada-Nya, baik untuk kepentingan hidup di dunia maupun di akherat.


Bagi seorang mukmin yang ingin berhasil dalam kehidupan ini, ada dua cara yang harus ditempuhnya yaitu: berusaha dan berdoa kepada Allah. Kedua hal ini harus ditempuh, karena di dalam kehidupan ini ada hal-hal yang dapat dijangkau oleh pemikiran manusia, tetapi ada pula yang tidak dijangkaunya. Oleh karena itu kedua cara ini harus ditempuh secara bersama-sama.


Manfaat Zikir dan Doa

Zikir dan berdoa sangat bermanfaat bagi kita, diantara yaitu:
  1. Dapat menentramkan hati
  2. Dapat menimbulkan kesabaran.
  3. Menambah pahala dan menambahkan rasa kasih sayang kepada sesama.
  4. Menimbulkan sifat berhati-hati.
Dengan sering kita berdoa setelah shalat fardu banyak manfaat yang akan diperoleh, diantaranya:
  1. Akan terhindar dari sifat sombong dan congkak.
  2. Akan terhindar dari sifat gampang putus asa.
  3. Hati dan pikiran kita akan tenang dan tentram.
  4. Akan memberi motivasi atau dorongan yang kuat dalam menjalani kehidupan ini.
  5. Memberikan perlindungan dalam menempuh kehidupan.
  6. Kita akan merasa semakin dekat dengan Allah Swt.
  7. Di akhirat kelak, kita akan mendapat tempat yang mulia di sisi Allah, yaitu surga

Sebagai seorang muslim kita diperintahkan untuk selalu mengingat Allah Swt. dalam berbagai situasi dan keadaan. Mengingat manusia merupakan makhluk yang lemah dan membutuhkan ketergantungan dengan Khaliq-nya. Salah satu upaya untuk melengkapi kekurangan manusia adalah dengan berdoa. Dengan berdoa diharapkan manusia selalu meminta segala kebutuhannya hanya kepada Allah Swt.

Tidak ada komentar untuk "Ketentuan Zikir & Doa dalam Al-Quran dan Hadis (Arti dan Manfaat Zikir & Doa)"