Contoh Susunan Acara Perpisahan dan Cara Membawakan Suatu Acara

Contoh Susunan Acara Perpisahan

Susunan acara harus sesuai dengan tujuan pertemuan. Selain itu, acara harus disusun secara berurutan dan menggunakan kata atau frase yang akan dikembangkan menjadi kalimat-kalimat yang komunikatif.

Berikut contoh susunan acara perpisahan siswa Kelas IX.
Susunan Acara
1. Pembukaan (5 menit)
2. Laporan Ketua Panitia (10 menit)
3. Sambutan-sambutan:
a. Kesan dan pesan, perwakilan dari siswa Kelas IX (10 menit)
b. Ucapan terima kasih, perwakilan dari orangtua siswa (15 menit)
c. Prakata dari Dewan/Komite Sekolah (20 menit)
d. Sambutan dari Kepala Sekolah (30 menit)
4. Ceramah keagamaan (60 menit)
5. Ramah tamah/hiburan
6. Doa/penutup (5 menit)
Susunan acara tersebut sebelumnya harus dikonsultasikan dengan pihak yang berkepentingan, baik pihak seksi acara maupun yang akan memberikan sambutan. Hal ini bertujuan agar yang berkepentingan dapat mengetahui kapan harus tampil. Di samping itu, waktu yang disediakan pun harus diberitahukan agar tidak mengubah jadwal yang sudah dirancang sebelumnya.


Cara Membawakan Suatu Acara

Hal-hal yang harus diperhatikan adalah:
1. jenis dan tujuan acara yang akan dipandu;
2. peserta atau undangan yang akan menghadiri acara;
3. kondisi tempat dan waktu dilangsungkan acara.

Seorang pembawa acara dalam menjalankan tugasnya harus membedakan acara resmi dan acara tidak resmi. Dalam acara resmi, ia harus tampil secara resmi, baik dari segi tata busana maupun dari segi kebahasaan. Sebaliknya, dalam acara tidak resmi ia diharapkan tampil santai.
Dalam membawakan tugasnya, seorang pembawa acara diibaratkan sebagai seoarang sutradara yang bertanggung jawab penuh atas jalannya acara. Ia juga sebagai seorang komandan yang memimpin jalannya acara. Seorang pembawa acara memegang peranan penting dalam menyampaikan acara demi acara kepada para pendengar.
Sebuah pertemuan biasanya dihadiri oleh pembawa acara, pembicara, dan audiens (peserta). Pada pelaksanaan pertemuan tersebut terdapat acara berbagai sambutan dan acara inti (ceramah keagamaan, pelaksanaan gunting pita, dan doa). Seluruh aktivitas dalam acara tersebut harus disusun dan dikemas dalam sebuah susunan acara.

Bagaimana membuka acara suatu pertemuan?
Kalimat pertama yang diucapkan sebagai pembuka harus meyakinkan pendengar. Kamu sebagai pembawa acara harus tampil tenang. Pertama, ucapkanlah salam, kemudian bacakan susunan acara.
Apabila membuka suatu acara yang tidak formal, kamu dapat menyelipkan humor-humor segar. Sebagai contoh membuka acara dalam suasana formal, perhatikan contoh berikut.

Hadirin yang kami hormati ....
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita semua.
Acara perpisahan siswa Kelas IX di lingkungan SMP Negeri 42 Jambi segera dimulai.
Hadirin yang terhormat ....

Susunan acara pada perpisahan ini adalah sebagai berikut:
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al-Quran
3. Laporan Ketua Panitia
4. Sambutan-sambutan
5. Ceramah keagamaan
6. Ramah tamah/hiburan
7. Doa/tutup

Sebagai pembuka acara ini, mari kita bersama-sama membacakan basmalah. Baiklah, untuk mengefektifkan waktu, kita lanjutkan pada acara kedua, yaitu pembacaan ayat suci Al-Quran. Ayat suci Al-Quran akan dikumandangkan oleh Saudara Zainal dan saritilawah oleh Saudara Hindun. Kepada Saudara Zainal dan Hindun, kami persilakan.

Berikut beberapa penuturan yang biasa disampaikan oleh seorang pembawa acara.

Hadirin yang saya hormati, acara selanjutnya adalah sambutan Bapak Kepala Sekolah. Marilah kita dengarkan dengan saksama.
Kepada Bapak, saya persilakan.

Bagaimana menutup acara? Setelah membawakan acara demi acara, tibalah saatnya untuk menutup acara. Tutuplah acara dengan kalimat yang santun dan kekeluargaan. Perlu dicatat, sebagai pembawa acara, jangan sekali-kali mengomentari atau mengulas sambutan atau acara-acara yang sudah dilakukan sebelumnya. Hal ini akan mengganggu suasana dan memboroskan waktu. Sebagai kata penutup, kamu dapat melakukan hal-hal berikut.

Perhatikan contoh kalimat penutup acara berikut.
Hadirin yang kami muliakan.
Acara demi acara telah kita lalui. Tibalah saatnya untuk membacakan doa kepada Allah Swt. agar segala aktivitas kita, khususnya kakak-kakak kita yang akan melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi, mendapat bimbingan dan rida dari Allah Swt.
Kepada Bapak Ustad H. Ibrahim dipersilakan untuk memimpin doa.
....
Demikianlah acara perpisahan siswa Kelas IX di lingkungan SMP Negeri 42 Jambi telah selesai. Atas nama panitia, kami memohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan. Sebagai penutup, mari kita ucapkan hamdalah bersama-sama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Susunan Acara Perpisahan dan Cara Membawakan Suatu Acara"

Posting Komentar