Contoh Teks yang Berisi Informasi dan Pertanyaan Soal dari Informasi Tersebut

Contoh Teks yang Berisi Informasi

Sarah Nakamura, Pianis Cilik Penuh Bakat
Menjadi pianis agaknya sudah merupakan pilihan Sarah Nakamura. Kini, pada usia sembilan tahun, gadis 'bau kencur' ini telah menancapkan namanya sebagai pemain piano berbakat.
Kendati baru berumur kurang dari sepuluh tahun, Sarah mampu memainkan karya-karya komponis dunia yang punya tingkat kesulitan tinggi. Tembang-tembang gubahan komponis dunia yang tidak semua orang dewasa mampu memainkannya, oleh Sarah dengan enteng dilantunkan lewat permainan pianonya.
Pada 8 Maret 2002, yang bertempat di auditorium Erasmus Huis, di Jln. H.R. Rasuna Said, Jakarta, Sarah tampil dalam konser 'Resital Perdana'. Konser tersebut digelar oleh Sekolah Musik Internasional Jakarta, Yayasan Musik Internasional.
Bermain piano bagi Sarah bukanlah kegiatan baru. Sejak usia lima tahun, gadis cilik kelahiran Chicago (AS) ini mulai mengikuti pelajaran main piano. Orangtuanya yang warga negara Jepang, tetapi tinggal di Indonesia, mengirim Sarah belajar piano kepada Ibu Siti Noersiah.
Baru dua tahun berlatih main piano, Sarah langsung sanggup memainkan tembang karya F.J. Haydn bertitel "Sonata D Mayor HOB XVI/37". Lagu itu termasuk tembang wajib ujian di Associated Board of Royal Scholl of Music tingkat 8. Tanpa mengalami hambatan berarti, Sarah memainkan lagu itu dalam sebuah konser di Presiden Hotel, Jakarta.

Untuk memperdalam ilmu musiknya, Sarah sekarang sedang meningkatkan keterampilan bermain pianonya di bawah bimbingan Iswargia R. Sudarno. Ia juga berguru kepada Akemi Yokobori, mantan dosen Hochschule fur Musik Koln, Jerman. Ia juga pernah mengikuti master class di bawah asuhan pianis Jerman, Hansjorg Koch.
Dalam karier musiknya yang masih sangat pendek, Sarah juga pernah tampil dalam berbagai konser, seperti konser piano "Bachiana Millenia" dan "Soiree Francaise" di Auditorium Erasmus Huis. Selain itu, Sarah pernah pula mencicipi nikmatnya tampil di Jakarta Japanese School Festival serta Sekolah Musik Internasional Jakarta Studen Recitals'.
Bocah Jepang kelahiran 1993 ini sepertinya benar-benar senantiasa menikmati permainannya di atas tuts-tuts piano menimba ilmu dari banyak guru menjadi salah satu ciri khas Sarah Nakamura. Tidak aneh jika ia kini juga belajar main biola pada I.G. Bagus Wiswakarma. Dengan belajar memainkan
instrumen musik berbeda itu, Sarah memiliki kesempatan besar buat melesat menjadi musisi besar suatu saat nanti.
....
Sumber: Pikiran Rakyat, Maret 2002


Contoh Soal dari Teks Informasi "Sarah Nakamura, Pianis Cilik Penuh Bakat"

1. Tuliskan kembali informasi tersebut dalam pandanganmu sendiri.
2. Bandingkan hasilnya dengan teman sebangkumu. Mintalah temanmu untuk menilainya dengan menggunakan kata kunci apa, siapa, bagaimana, kapan, dan mengapa.
3. Cari dan daftarkanlah kata umum dan kata khusus dari teks berita tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Teks yang Berisi Informasi dan Pertanyaan Soal dari Informasi Tersebut"

Posting Komentar