Contoh Teks Diskusi, Rumusan dan Kesimpulan Teks Diskusi

Contoh Teks Diskusi

Moderator : "Salah satu masalah yang kita hadapi sekarang ini adalah seringnya terjadi kemacetan di depan sekolah kita. Akibatnya, banyak di antara teman kita yang terlambat masuk ke kelas.
Di suasana itu suara bising oleh kendaraan-kendaraan itu sangat mengganggu kenyamanan kita dalam belajar. Ada teman-teman yang mempunyai pendapat untuk mengatasi masalah ini?"

Rina : "Saya punya pendapat, Saudara Moderator. Bahwa untuk dapat mengatasi masalah tersebut, kita harus mengaktifkan para anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) atau anggota-anggota pramuka. Mereka kita minta untuk mengatur kendaraankendaraan yang lalu lalang di depan sekolah kita itu."

Moderator : "Bagus sekali pendapat Saudara Rina. Ada pendapat lainnya?"

Olga : "Saya kurang sependapat dengan Saudara Rina sebab cara seperti itu dapat menganggu temanteman kita yang di PKS ataupun di pramuka. Mereka pun berhak untuk belajar. Jika mereka terlibat dalam pengaturan lalu lintas, pasti kegiatan belajar mereka akan terganggu. Pendapat saya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di depan sekolah kita itu adalah dengan meminta bantuan polisi. Selama ini kita tidak melihat kehadiran mereka di depan sekolah kita itu. Mungkin mereka belum tahu permasalahan ini. Oleh karena itu, kita harus mengajukan usulan ke Polantas atau DLLAJ agar ada petugas yang mengaturnya."

Maya : "Saudara Moderator, izinkan saya untuk mengemukakan pendapat."
Moderator : "Silakan Maya."

Maya : "Menurut saya, pendapat Olga dan Rina, dua-duanya dapat kita terima. Kedua pendapat teman kita itu ada benarnya.
Usulan Rina tentang perlunya pengaktifan para anggota PKS dan pramuka, dapat kita terima. Hal itu bermanfaat untuk menunjukkan tanggung jawab sekolah pada permasalahan lingkungan di sekitar kita di samping untuk melatih jiwa kepemimpinan di antara mereka. Namun, kegiatan ini tidak boleh ada pemaksaan dan harus berada di luar jam pelajaran, misalnya pada jamjam istirahat supaya kegiatan belajar mereka tidak terganggu.
Usulan Olga tentang perlunya keterlibatan kepolisian atau petugas DLLAJ, juga bagus.
Saya menyambut usulan itu karena memang masalah ini tidak dapat kita tangani hanya oleh sekolah kita. Akan tetapi, harus melibatkan pihak yang berwenang, dalam hal ini kepolisian atau DLLAJ."

Moderator : "Baiklah dan terima kasih banyak Maya. Saya kira pendapat Maya merupakan solusi terbaik termasuk kesimpulan dari diskusi kita bahwa untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di depan sekolah kita, perlu keterlibatan aggota PKS dan pramuka dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di depan sekolah kita. Supaya tidak menganggu jam-jam pelajaran, anggota PKS dan pramuka hanya diaktifkan pada waktu istirahat. Bantuan dari petugas kepolisian ataupun DLLAJ tetap diperlukan."

Rumusan dan Kesimpulan Teks Diskusi

Dari cuplikan tersebut dapat dirumuskan hal-hal berikut.
1. Masalah diskusi: kemacetan di depan sekolah.
2. Tanggapan
a. Perlu mengaktifkan anggota PKS dan pramuka untuk ikut mengatur lalu lintas di depan sekolah.
b. Perlu meminta bantuan kepada petugas kepolisian ataupun petugas DLLAJ.
3. Kesimpulan
Perlunya keterlibatan aggota PKS dan Pramuka dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di depan sekolah. Supaya tidak menganggu jam-jam pelajaran, anggota PKS dan pramuka hanya diaktifkan pada waktu istirahat. Bantuan dari petugas kepolisian ataupun DLLAJ tetap diperlukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Teks Diskusi, Rumusan dan Kesimpulan Teks Diskusi"

Posting Komentar